Selasa, 15 April 2014

Saya dan Pikiran saya



Bandung, 15 April 2014.

Tidur. Makan. Ngobrol. Tidur lagi. Begitu Seterusnya.
Yah...hal inilah yang saya lakukan dalam beberapa hari belakangan ini. Bukan karena saya tidak ada tugas atau pekerjaan yang mesti dilakukan. Bukan. Saya sekarang seorang mahasiswa pascasarjana semester 4, dan sebagaimana layaknya mahasiswa semester akhir, saya harusnya sangat sibuk mengurusi tesis saya. Teman-teman satu angkatan saya hampir separuhnya telah selesai ujian proposal tesis. Bahkan ada beberapa orang yang telah menyelesaikan penelitian mereka.
Sedangkan saya? Tema atau garis besar penelitian saja pun masih di awang-awang. Bukan. Bukan karena pembimbing saya yang susah untuk ditemui atau pembimbing saya yang terlalu banyak tuntutan terhadap saya, tapi sayalah yang berperan dalam hal ini, sayalah yang mestinya disalahkan. Saya terlalu malas untuk sekedar membaca jurnal-jurnal yang seharusnya telah menjadi prioritas saya untuk menentukan tema penelitian, atau hibernasi di Perpustakaan untuk membaca referensi berkaitan dengan penelitian saya, tapi pada kenyataannya saya tidak melakukan itu. Saya merasa jenuh sebelum memulai semua itu.
Di saat semua orang berlari, saya masih tertidur.
Tapi setelah dipikir-pikir lagi, bukan saya juga yang salah atas semua ini. Bukan. Bukan saya juga yang patut dipersalahkan. Saya telah tiga kali melakukan studi pendahuluan bahkan samapai ke Surabaya, mencari topik yang bisa saya teliti. Perjalanan Bandung-Surabaya bukanlah jarak yang dekat. 679 km. Dan perjalanan itu saya tempuh sendirian. Tanpa ada gambaran bagaimana kota Surabaya, karena sebelumnya tidak satu kalipun saya pernah ke sana. Tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Ada saja alasan kenapa fenomena yang saya temukan dinyatakan tidak bisa diteliti.
Dan pada akhirnya, beginilah saya sekarang, sendirian di kamar kost, tanpa berniat untuk sekedar memulai kata pertama di proposal tesis saya. Entah sampai kapan saya seperti ini. Mungkin memang inilah yang harus saya lalui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar