Rabu, 03 Oktober 2012

Krisis identitas..??

Hai..hai..hai, gue posting lagi nih..hihi..

[Sumpah,, lu norak banget ya ji]
[Loh..? emang kenapa?]  
[mentang2 ada blog baru, lu jadi keranjingan nulis gini? gue tau, lu pasti pengen pamer, abis lu nulis, lu pasti nge-share postingan elu di FB, trus besok lu pasti maksa2in temen sekelas lu buat baca blog elu, iya kan?? gak abis pikir gue sama jalan pikiran elu.]
[lah, trus kalo gue masih pengen nulis, masalah buat lo?? gue kan udah berjanji dalam hati tadi malem bahwa gue gak mau nyia2in blog ini, jadi gue masih pengen nulis.] 
[gak usah ji, tidur aja geh sonoo..] 
[gak mau, gue masih mau nulis.] 
[tidur sonoooo..!] 
[gak mau, pokoknya gak mau..!]

Udaaaahh..! berisik amat sih lu bedua fugi's angel sama fugi's devil? Hmmmhhhh,, biarkan saja mereka bertengkar saudara2, biasa itu, ibarat pepatah 'anjing menggonggong, orang cantik berlalu'. Mari kita tinggalkan mereka..

Okeh, back to judul, kali ini mengenai krisis identitas yang gue alami. Bukan.., bukan tentang identitas jenis kelamin gue (gue cewek, gak diragukan lagi koq), bukan juga identitas status perkawinan gue (jelas2 gue jomblo,.hiks), yang mau gue omongin adalah identitas asal daerah gue.

Yaah...jadi gini, kalo dirunut berdasarkan silsilah keluarga, nyokap gue berasal dari Pulau Belitung, ya benar.., pulau Belitung yang terkenal akan penghasil timahnya dan belakangan terkenal karena tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang bersetting di Pulau nan indah tersebut. Eh..ngomong2 tentang Andrea Hirata, ternyata nyokap gue itu satu SMA sama Andrea Hirata, sama-sama di SMA Negeri Manggar (kalo lu baca ''Sang Pemimpi'' lu bakal familiar dengan SMA tersebut karena Andrea Hirata menceritakan semua seluk beluk tentang SMA tersebut), tapi nyokap gue gak kenal sama dia karena nyokap gue itu gak seangkatan sama dia, nyokap gue angkatan pertama, sedangkan Andrea Hirata itu angkatan di bawahnya (adek kelas gitu). "Trus hubungannya sama lu apa ji??".. Ya gak ada siy...hehe, gue cuma pengen ngasih tau lu semua...wkwkwkwk. Oke, stop sampai disitu. Selanjutnya Bokap gue. Bokap gue itu berasal dari Sumatera Selatan, tepatnya di sebuah desa bernama Serijabo, Ogan Ilir. Gue sendiri dilahirkan dan dibesarkan di tempat asal bokap gue, di Ogan Ilir. ''Lah..trus letak krisisnya dimana jii..??'' Nah inilah masalahnya.

Gue itu pada dasarnya senang kenalan sama banyak orang, senang berteman dengan siapa saja, baik hati dan tidak sombong..uhuk..uhuk..! Jadi tiap ketemu orang pasti kan nanya darimana asalnya, gue biasanya menjawab 'Palembang', ngambil simpelnya aja. Nah..lain halnya kalo orang yang nanya itu berasal dari Pulau Belitung, gue sontak pasti dengan lancarnya menjawab 'Belitung', entah kenapa setiap ketemu orang dari Pulau tersebut pasti gue ngaku sebagai orang sana juga, dan mereka biasanya percaya sama yang gue omongin coz gue sangat fasih memakai bahasa dan dialek Belitung. Yaa, walaupun gue tinggal di Ogan Ilir, tapi di rumah nyokap gue selalu pake bahasa belitung, jadi gue sama adek2 gue udah terbiasa pake bahasa Bilingual 'Pegagan-Belitung'. Entah kenapa gue merasa punya ikatan batin yang sangat kental dengan daerah asal nyokap gue tersebut. Padahal kalo gue inget2 lagi, gue paling lama stay di sana itu gak lebih dari 2 minggu doang. Itupun gak setiap tahun, coz biasanya kita sekeluarga itu 2 tahun sekali mudik ke sananya. Tapi gue selalu kangennnn sama suasana di sana, sama keluarga besar nyokap gue di sana, sama pantai-pantai di sana, pokoknya all about Belitung selalu bikin gue kangen. Yaaa, di sisi lain gue juga sangat mencintai tanah kelahiran gue dimana gue dibesarkan, dimana gue punya banyaaaakkk temen di sana. Hmmmh,, dua tempat yang sangat berarti buat gue, gue cinta, both. Dan sekarang gue berada di Bandung, jauh dari kedua tempat tersebut. hiks..

Inti dari tulisan gue malam ini adalah gak ada intinya sebenernya..wkwkwkwkwk. Gue sebenernya hanya pengen bilang 'Gue kangen rumah, gue kangen keluarga gue, gue mau pulang'. Just it. Thank you so much bagi yang udah baca. Sampe ketemu lagi..^^





1 komentar: