Minggu, 14 Oktober 2012

Indonesian Idol wanna be..


Hello, welcome to my blog...:-)

Oke, kali ini gue mau cerita tentang pengalaman gue ikut audisi sebuah ajang pencarian bakat di bidang menyanyi yang sangat famous, Indonesian idol. Jadi lu pernah ikut audisi Indonesian idol ya ji? Iya, gue pernah ikut audisi, 2 kali malah, tahun 2008 dan 2011. Iyakah?? Emang lu bisa nyanyi  ji? Pertanyaan itu, hanya Tuhan yang tau jawabannya.wkwwkwkwk
Ya, jadi for your information, gue hobi banget sama yang namanya nyanyi, teman-teman sekelas gue waktu kuliah di Palembang dulu tau banget soal hobi gue yang satu ini. Pernah dulu, gue inget banget waktu itu semester 2, jadi pada hari itu gue datang telat ke kampus (selama 4 tahun kuliah, selama itu juga gue telat kuliah hampir tiap hari kalo ada kuliah pagi...ahahaha), pas sampai di kelas udah ada dosen di depan lagi ngasih kuliah, kemudian gue mengetuk pintu, masuk, ngasih senyum paling manis ke dosen yang lagi ngajar, trus langsung mau ke tempat duduk. Eh.., belum sempat gue duduk, dosen gue itu langsung manggil gue, dan gue disuruh ke depan kelas. Sambil berjalan ke depan hati gue deg-degan banget, haduh..pasti gue bakalan disemprot sama dosen gue, pasti gue dimarahin habis-habisan, pasti nanti dosen gue bakal blacklist nama gue dan ujung-ujungnya nilai gue pada matakuliah ini pasti kecil bahkan terancam E gara-gara gue datang telat mulu...huwaaa..gak karuan dah pokoknya perasaan gue pada saat itu.
Dan ternyata benar, dosen gue bilang mau ngasih hukuman ke gue, tapi, harapan gak sesuai dengan kenyataan, lain pohon lain belalang *itu bener gak ya perumpamaannya? Ah..boda amat dah..ahahaha*, bukan hukuman ‘kena semprot’ atau ‘blacklist’ yang gue terima, tapi gue dihukum nyanyi di depan kelas. Ya, dosen gue mungkin mau memberikan efek jera ke gue dengan cara bikin gue malu di depan kelas. Mungkin bagi mahasiswa yang udah semester 2 hal itu memang memalukan *nyanyi pas jam kuliah di depan teman-teman sekelas* tapi enggak buat gue. Gue malah tersenyum paling bahagia ketika dosen gue nyuruh gue buat nyanyi. Tanpa penyangkalan, tanpa penolakan, gue langsung nanya balik ke dosen gue sambil tersenyum “Ibu mau saya nyanyi lagu apa?”...sontak seluruh kelas tertawa mendengar pertanyaan gue, dosen gue pun agak gak percaya sama yang barusan dia dengar. Mungkin saat itu dosen gue berfikir,”Nih anak bukannya malu, malah kegirangan disuruh nyanyi”..wkwkwkwk. Jadilah pada hari itu sesuai request dosen dan semua teman-teman gue di kelas, gue nyanyi lagu ‘balonku’, tentunya dengan mata berbinar-binar dan senyum yang merekah ke segala arah...ahahaha. Pertanyaannya, apakah gue jera datang telat setelah peristiwa itu? Gak beib, gue tetep aja datang telat besoknya. Wkwkwkwkwk..
Ya, tanpa sadar, sejak saat itu rasa percaya diri gue untuk nyanyi udah mulai tumbuh, gue pun udah gak malu lagi untuk sekedar bersenandung  di dalam kelas, dan semua teman-teman sekelas gue mulai maklum dengan apa yang gue lakukan itu..ahahaha.. *efek hukuman yang luar biasa*
Pada bulan Februari 2008, gue liat ada iklan untuk mengikuti audisi indonesian idol untuk wilayah Palembang, dengan semangat darah muda yang panas membara gue mempersiapkan segala kebutuhan untuk pendaftaran dan audisi, mulai dari foto close up, fotokopi KTP, ngisi formulir pendaftaran di radio, milih lagu, latihan nyanyi, sampai hunting baju baru buat gue pakai waktu audisi..muahahaha..
Persiapan telah beres, gue pun udah mempersiapkan lagu yang bakal gue nyanyikan, gue milih lagu Tapi bukan aku-Kerispatih...hehehhe. Pada saat hari  audisi tiba gue subuh-subuh udah bangun, maklum..dari rumah gue ke tempat audisi lumayan jauh, sekitar 2 jam perjalanan. Dengan segala persiapan yang telah gue lakukan, dengan diantar oleh salah satu teman gue, gue pun akhirnya sampai ke tempat audisi tepat pukul 9 pagi. Dan yuph, dengan dateng pada jam segitu gue berhasil masuk ke barisan dengan nomor antrian 1068. Ya, urutan ke seribu enam puluh delapan saudara-saudara. It’s mean ada seribu orang lebih yang ngantri di depan gue yang juga punya niat sama kayak gue, pengen jadi  penyanyi..ahahahaha. Dengan sebegitu banyaknya antrian, muncul pertanyaan, gue jam berapa kebagian masuk ruang audisinyaaaaaa?? Huwaaaaa....!
Gue sendirian ikut audisi, teman-teman gue udah gue ajak tapi gak ada yang mau. Di barisan antrian yang jumlahnya ribuan orang itu gue gak kenal siapa-siapa. Pada awalnya, gue canggung untuk kenalan sama peserta lain sekedar basa basi menanyakan nama dan asal. Yang gue liat di kiri-kanan-depan-belakang gue semua orang fokus sama diri sendiri. Ada yang mainin handphone, dengerin musik lewat earphone, menghapal lirik lagu yang bakal dibawakan, sampai latihan nyanyi dengan suara yang lantang di barisan antrian tersebut tanpa menghiraukan orang-orang sekitar.haha..gue lucu aja kalo inget hal itu. Tapi, seiring berjalannya waktu, karena mungkin merasa senasib sepenanggungan, menjelang tengah hari kita semua udah mulai bisa nyampur, termasuk gue, udah kenalan dan ngobrol sama peserta yang ngantri dekat gue.
Selama ngantri, gue mengalami dan menyaksikan hal yang sangat berkesan, kejadiannya yaitu pada saat itu ada cowok yang ngantri dekat gue, kebetulan dia bawa gitar, dia terus mainin gitarnya, kemudian nyanyi, mendengar lagu tersebut, peserta cewek yang di samping gue ikut-ikutan nyanyi, kemudian satu peserta lain yang di belakang juga ikut nyanyi, satu-persatu orang mulai ikut bergabung bernyanyi bersama, makin lama suara yang ikut nyanyi makin banyak, termasuk gue juga ikut nyanyi. Dan akhirnya gak kurang dari 50 orang peserta bernyanyi, semacam flashmob yang tidak direncanakan, gue sampe merinding waktu itu saking berkesannya. Begitu banyak orang di sana ternyata bisa menjadi satu, berbaur, karena mempunyai hobi yang sama. Satu hal yang gue liat dari para peserta ini, mereka gak canggung untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam diri mereka.
Well,...setelah ber-haha hihi, ngobrol ngebrel, dan lain sebagainya, dengan keringat yang bercucuran karena panas, betis yang pegel karena kelamaan berdiri ngantri, dan suara yang mulai hilang karena tenggorokan yang kering, akhirnya gue berhasil masuk ke ruang audisi tepat pukul 16.30. Ya, jadi kalo dihitung-hitung gue ngantri lamanya sekitar 8 jam lebih..hahahaha.. iya, gue sekarang juga gak habis pikir kenapa gue pada saat itu niat banget untuk jadi penyanyi.wkwkwk...
Di ruang audisi, gue terkejut dan agak kecewa dengan orang yang duduk sebagai juri di hadapan gue. Tadinya gue berfikir kalo suara gue nantinya bakal didengar oleh Indra Lesmana dan Titi DJ, ternyata enggak, di hadapan gue ada 2 orang juri yang belum gue kenal, gue gak familiar dengan wajah-wajah tersebut, *belakangan baru gue tau ternyata untuk tahapan pertama audisi itu dinilai oleh juri-juri lokal terlebih dahulu*. Di saat gue tenggelam dalam pikiran gue mengingat-ingat siapa wajah-wajah yang ada di depan gue, salah satu juri pun menanyakan nama gue, lalu dengan perasaan yang gak karuan gue jawab, kemudian juri tersebut mempersilakan gue buat nyanyi, dan dengan suara yang bergetar karena nervous, nyanyilah gue dalam ruang audisi itu...
...Berakhirlah sudah semua kisah ini
Dan jangan kau tangisi lagi
Sekalipun aku tak kan pernah mencoba kembali padamu
Sejuta kata maaf terasa kan percuma
Sebab rasa ku t’lah mati untuk menyadarinya...
Hehehe..lagu yang gue nyanyi’in lancar, gak lupa lirik, dan gue puas dengan suara gue pada saat itu. Tapi, juri beranggapan lain, gue inget banget pada saat itu jurinya bilang gini:
Juri : “Suara kamu standar, silakan coba lagi next time ya, makasih atas partisipasinya.”
Gue : *dan kemudian hening panjang...* *langsung berjalan menuju pintu keluar*
Yah, begitulah nasib audisi pertama gue, gak lolos, sangat mengenaskan.wkwkwkwk... Di luar ruang audisi, gue denial, gue gak terima juri bilang suara gue standar. Gue pun melihat sekelompok peserta audisi yang nasibnya sama kayak gue sedang berkumpul menceritakan nasibnya, dan samar-samar gue mendengar percakapan, “ih..apa-apaan sih jurinya, masa’ gue gak lolos”, “iya tuh, emang juri-juri itu siapa sih? Kenal aja gak, kayaknya mereka gak bisa menilai deh”, “kalo mas indra lesmana atau Titi DJ yang dengar suara gue, pasti gue lolos”, dan demi apa, gue akhirnya juga memutuskan untuk bergabung dengan kelompok itu, ikut menyumpah-nyumpahi para juri yang gak meloloskan gue.wkwkwkwk...*semacam mekanisme koping yang gue gunakan untuk mempertahankan diri*.
Aahahaha...tapi, walaupun pengalaman pertama gue gak semanis seperti yang gue harapkan, gue masih pengen ikut audisi lagi, muahahaha... Dan pada akhirnya pada bulan November 2011, gue ikut lagi audisinya. Kali ini gue ditemenin sama satu teman sekelas gue yang juga ikut audisi (setelah gue provokasi dengan sangat antusias, akhirnya dia mau ikut audisi bersama-sama dengan gue..wkwkwk). Ya, berbekal pengalaman gue sebelumnya, kali ini gue datang pagi-pagi ke tempat audisi, jam 06.45 gue udah nongkrong di tempat audisi bersama teman gue.
Ya, dengan nekat menerobos, nyelip sana sini, dan berhasil, akhirnya gue masuk ke dalam 50 antrian terdepan...dan gue lupa sama temen gue yang tadi bareng sama gue, pas gue liat dia ada jauh di belakang gue..huahahaha...
Pada audisi yang kedua ini, gue gak se-‘berkobar-kobar’ kayak audisi pertama dulu, gue niatnya cuma pengen have fun, pengen sesuatu yang berbeda, pengen keluar dari rutinitas gue sehari-hari (gue pada saat itu lagi profesi dan menjalankan stase gerontik di panti jompo, gue bela-belain gak masuk cuma untuk audisi ini..wkwkwk). Ya walaupun gue tau hasil akhirnya bakalan kayak apa, tapi gue dengan happy mengikutinya..ehehehe.
Pada dasarnya gue itu orangnya gak narsis atau riya atau 4L4Y ya,ehehehe... gue hanya menganut prinsip agan-agan kaskuser:  No picture = HOAX , jadi ini gue tampilkan beberapa gambar pada saat gue ngantri audisi...haha
 Ini tempat audisinya di GOR Palembang
Setelah gue dikasih nomor audisi, gue pun masuk ke dalam ruang tunggu audisi, gue dan ribuan peserta lainnya disuruh melengkapi data diri di formulir...

                      *Ini gue minta tolong peserta audisi di depan gue untuk moto’in gue..haha*
                  Buat yang moto’in gue, walaupun gue gak tau elu siapa, thanks a lot yaa...hehe
 
Setelah itu, duduklah gue dalam ruang audisi yang dingiiiiiiinnn banget, nunggu panggilan dari dalam kamar audisi..
Catatan: itu kursi yang gue pake duduk tadinya bukan kursi itu, tapi karena kursi pertama patah pas gue mau duduk, jadi panitia langsung menggantinya dengan kursi lain. Itu cowok di samping gue gak berenti ngetawa’in gue yang tetap pengen eksis berfoto walaupun baru aja matahin kursi orang...wkwkwkwk
Yah, jam 11.00 akhirnya gue pun dipanggil oleh panitia masuk ke dalam ruangan yang berisi 2 juri *sayangnya gue gak bisa ngambil foto di sini, ya masa’ jurinya yang mau gue pintain tolong buat moto gue?..hahaha*. Gue nyanyi’in lagu My valentine  dari Christina McBride. Dan seperti yang gue duga sebelumnya, gue gak lolos lagi untuk yang kedua kalinya..:-)
Tapi gue kali ini gak ada rasa sakit hati sedikitpun, gue menikmati setiap momen yang gue lakuin dan yang gue liat di sana. Ehehe.. dan apa kabar dengan teman gue yang juga ikut audisi bareng gue? Ternyata sama, dia juga gak lolos audisi..ahahaha. Kita berdua pun kemudian memutuskan untuk mampir  makan siang di restoran ayam goreng cepat saji, sambil ngobrol panjang tentunya, tapi tidak untuk membahas komentar juri, melainkan membahas betapa senangnya kalo kita sekali-sekali bisa merasakan hal yang baru, yang menyenangkan seperti ini. :-)
Sekian. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..^^

4 komentar:

  1. siapa nama juri yang komen kayak gitu ji'?? hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... gak tau tedy, gak kenal, juri lokal pokoknya.wkwkwkwk. Btw, thank's ya udah mampir..:-)

      Hapus
  2. Iyakah?? Emang lu bisa nyanyi ji?

    haha.. wlwpun dah lu pake pict ttp aja org yg knal lu tny in itu..

    btw klo kursi ptah lu dudukin gw gk heran.. #$%plak @kaboorr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu blm tau aja suara saya semerdu apa..hahaha
      heh,..tu kursi emang udah peyot, bukan salah gue...wkwkwk

      Hapus